EastXpedition 2011: Apa yang gw persiapkan untuk perjalanan jauh

Banyak teman teman yang menanyakan ke gw apa aja sih yang gw persiapkan dalam perjalananan gw kemarin ke Flores

Yang pasti utamanya adalah sehat jasmani dan rohani, hehehe.. Motor pun harus sehat juga, sehat mesin dan sehat kaki kaki. Selain itu kita juga harus memperhitungkan budget yang akan kita bawa, okay soal budget perjalanan kemarin nanti akan gw share di thread berikutnya.

Informasi tentang destinasi kita harus kita bawa, bisa buku atau hasil browsing di internet yang kita print, peta juga jangan lupa kita bawa, apa lagi kalau kita ga memiliki GPS.

Untuk riding gear gw membawa pastinya Helm, Jaket, celana, sarung tangan, sepatu riding dan juga protector kaki. Hydro pack gw juga bawa untuk lebih praktis jika ingin minum di tengah perjalanan.

Tool kit sudah pasti harus dibawa, selain tool kit standar bawaan motor, gw menambahkan kunci roda, kunci inggris.

Spareparts juga tidak boleh dilupakan, busi cadangan, oli mesin, chain lube, bohlam, tali gas dan tali kopling gw bawa, oh ya dan juga baut dan mur berbagai ukuran.

Bagaimana pakaian? Berapa banyak yang gw bawa? Sebenarnya sih itu tergantung selera masing masing tergatung berapa hari kalian jalan, ohya peralatan mandi seperti sabun dan sikat gigi jalan lupa di bawa hehehe..

Gw pun membawa alat pendukung untuk mencatat perjalanan, sebuah laptop, 2 buah kamera beserta tripod dan hardisk eksternal.

Nah semua barang bawaan diatas gw bawa dengan menggunakan sidebox , tail bag dan tank bag. Mengapa gw tidak memakai rear box? Well untuk kali ini gw sebenarnya ingin mencoba jika tidak membawa rearbox, dan harus gw akui untuk maneuver di jalur yang gw lewati lebih nyaman jika tidak memakai rearbox, mungkin karena titik berat berada di belakang membuat motor agak limbung sehingga untuk perjalanan jauh akan membuat kita lebih mengeluarkan tenaga untuk bermanuver.

Oh ya satu hal yang hampir kelupaan, karena di daerah timur tidak tersedianya bensin sekelas pertamax, maka gw pun membawa aditif untuk ditambahkan setiap mengisi bensin.

Semoga dapat menjadi refrensi

17 Comments Add yours

  1. topick says:

    itu yang warna putih apaan om?

    1. haryowidodo says:

      Kamera digital om…

      1. Gunawan says:

        Kamera ini yang buat ngambil video om??
        merk nya apa ya.. 🙂

      2. haryowidodo says:

        iya om, Kodak ZX3

  2. asmarantaka says:

    mantab..jgn lupa Bir Bintangnya 😀

  3. ki demang says:

    celana gak usah ganti 😆 😆

  4. Daus Kuncung says:

    itu sendal pink punya siapa??

    1. haryowidodo says:

      punyanya…. ada deeeh….

      1. Daus Kuncung says:

        kirain musti dibawa jugaa…….

  5. bejubel says:

    jangan lupa bawa duit 😀

  6. kebo220rr says:

    inget pesen bro domo kalo riding jauh..bawa & minum nourobion tablet putih.kmarin pas riding ke lampung.lumayan badan gk pegel2 bngt.

  7. kodokkodok says:

    pake spion njz ya om, sama dong :mrgreen:

  8. kalimalang rider says:

    bir bintangnya gak bikin oleng tuh om ? he he

    1. haryowidodo says:

      Khusus di hotel aja om.. hehehe ga berani kalau di perjalanan..

  9. uikjoss says:

    Mantab, ijin copas masbroo….

Leave a comment